Nikmati masa muda selagi bisa. Karena keindahan waktu muda hanya datang sekali dan selalu menjadi istimewa dalam segala bentuk cerita :)
RSS

Selamat Menempuh Hidup Baru, kakakku!


Hari minggu lalu tepatnya tanggal 20 Juni 2010, akhirnya kakak pertama gue tecinta Dr. Rafrina Amnovebrianthy yang genap berusia xxx tahun berhasil menemukan pendamping hidupnya yang akhirnya berakhir di pelaminan. Well, saat mendengar keputusan akan terjadinya pernikahan itu sebulan yang lalu, gue dan kakak tengah gue si Vini akhirnya bisa menarik nafas lega. AKHIRNYA! kakak gue nikah juga!

Sebenernya gue dulu gue udah pernah ketemu sama si-calon-suami kakak gue ini, tapi entah itu di beberapa tahun silam. Karena dulu si-calon-suami ini pernah pacaran sama kakak gue, ya istilahnya mantan pacar akhirnya bertemu di pelaminan. Manis kan? Manis banget pasti.
Tapi gue sempet lupa sama mukanya, sampe akhirnya gue dikasih liat foto pre-wedding mereka yang akhirnya membuat gue spontan berkomentar "wah, calon suami kakak gua mirip Wendy cagur"
Kakak gue pun murka mendengar komentar jujur gue itu, lalu kita pun bertengkar dan lantas memutuskan tali persaudaraan. Ngga sih, itu lebay.

Sampe akhirnya di hari Minggu tanggal 20 Juni 2010, gue dibangunkan jam 4 pagi dan dipaksa mandi sampe akhirnya digendong saking gue masih meringkuk di dalem bedcover. Mata gue yang kicer dan setengah melek itu kontras banget sama mata kakak gue yang kayaknya bentuknya lope-lope gitu. Asli penuh cinta dan berbinar-binar.

Pendeknya setelah gue berjibaku dengan hasrat kemalasan dan dinginnya air di pagi hari, gue sudah duduk di meja rias siap menyerahkan harga diri muka gue dengan seikhlas-ikhlasnya. Sampe sang perias pun dateng, dan bertanya:

Perias : mbak, kukunya dikutek juga ya itu kayak mama sama kakak-kakaknya
Gue : diapain aja boleh dah, warna apa kuteknya mbak?
Perias : pink, samaan kayak bajunya
Gue : PINK???? $%^*&?>@!?+


Jam setengah 7 pun akhirnya semua make-up kelar, dan rambut gue asli belom diapa-apain. Masih natural dan tentunya keren. Karena udah ga sempet, dalam hati gue bersyukur rambut gue masih perawan tidak tersentuh hairspray, konde, dsb.
Kakak gue pun juga udah kelar make up dengan riasan khas serang *fyi: si calon suami kakak gue ini orang serang, berarti doi jago santet*
Dengan baju akad nikah berwarna putih dan jilbab panjang yang bertebaran segala jenis kembang, sekilas kakak gue mirip nyi roro kidul.

Akad nikah pun berlangsung jam 7, dengan kebaya dan muka mirip ondel-ondel ketabrak busway gue masih bermetal ria dengan berkalungkan kamera.
Acara pertama akad nikah itu, permintaan izin si mempelai wanita kepada keluarga.
Asli, momen ini mengharukan banget. Apalagi dibuka dengan surat cinta kakak gue buat keluarga:

"ma, pa, ni, ne, maaafin vina ya buat semua..."


Itu potongan kalimat pertama dan terakhir yang bisa gue dengar dengan jelas. Bukannya gue budek atau bolot untuk mendengarkan kalimat selanjutnya. Tapi gue dan Vinny udah sibuk ngangkat kepala ke atas dengan tujuan menahan air mata penuh haru biar make up ngga luntur. Bajingan memang, disaat penuh haru begitu gue dan kakak gue masih memikirkan make-up! Gue langsung berinisiatif untuk mencari tisu! yak gua butuh tisu! gue langsung colek-colek si Vini,

Gue : un , aku minta tisu dong *sambil tarik ingus biar dramatis*
Vini : nih *sambil ngasih tisu bekas lipsticknya*
Gue : buset kaga ada yang laen apa un? *masih tarik ingus*
Vini : udeh pake aje, nangisnya bentar doang kok ini
Gue : iyadah *langsung males narik ingus lagi*


Abis acara minta izin itu, si penghulu yang bisa dibilang cukup muda ini mulai mencoba ngelawak yang akhirnya cuma bikin gue ketawa maksa. Sampe akhirnya menuju ke acara paling sakral! Paling penting! Paling bermakna dan merupakan inti dari cerita gue yang semakin ga nyambung ini. AKAD NIKAH!
Semua orang pun menunggu dengan harap-harap cemas, deg-degan gitu loh. Nah begini nih suasana pengucapan ijab kabulnya

serius banget ye


dan alhamdulillah ga ada pengulangan sampai akhirnya terucaplah kata: SAH!



dan akhirnya,

gue punya ipar artis! wendy cagur!!


Dan tibalah pada rangkaian terakhir acara akad nikah ini, yaitu sungkeman. Dari sejak dirias, nyokap gue udah heboh banget takut nangis pas acara ini. Ternyata beliau sama aja, mementingkan make-up! Emang keluarga gua selalu kompak dalam hal apapun termasuk mementingkan penampilan.
Namun ternyata omongan cuma sekedar omongan. Naluri seorang ibu tetap terlalu sensitif untuk melepas putri pertamanya.
Bahagia, terharu, mungkin itu yang dirasakan nyokap gue. Ga pernah gue liat beliau nangis dengan mata yang berbinar seperti kemarin.

berbahagialah anakku, mama merestui :)


kadang tangis bahagia lebih berarti dari sekedar senyuman


jagain Rafrina si kesayangan kita ya mas Danu!


your first tears towards happiness my sist :)




Saatnya nyokap gue mempelajari sesuatu. Bahwa rasa cintanya harus berubah menjadi sayang. Cinta itu memiliki dan sayang itu rasa cinta yang tidak mengikat.
Putri pertamanya kini bukan lagi hanya miliknya, namun sudah memiliki imam untuk dirinya sendiri. Dan saatnya kasih sang mama harus melepas dan percaya bahwa putrinya bahagia dengan hidup yang baru. Bukan hanya lagi bertanggung jawab pada orang tuanya namun suaminya.

Kata-kata itu gue dapet dari dosen gue dan selalu gue inget. Cinta itu posesif dan sayang itu lebih universal.
Saat mencintai seseorang, orang tersebut mutlak milik lo dan lo pun menjadi satu-satunya cinta untuk dia. Namun saat lo menyayangi seseorang, lo cukup memberi kasih pada orang tersebut dan menerima bahwa dia juga adalah milik orang lain.

Pelajaran berharga untuk keluarga gue, mengingat si Vina adalah anak pertama. Tidak lama lagi mungkin Vini akan menyusul, lalu diakhiri dengan si bungsu Vine.
Yang tidak akan berubah dari kami adalah bagaimana cara kita mencintai nyokap.


Bye fellas! :)

0 comments:

Post a Comment

Visitors

free counters